Bahasa Indonesia


Budayakan Inovasi dan Jadilah Pemenang

            Perusahaan tidak hanya hadir, tetapi harus berkembang menciptakan jenis usaha baru, sistem pengelolaan baru, cara pelayanan baru, dan sumber daya baru. Dalam bisnis, sesungguhnya diperlukan terobosan. Salah satu cara membuat terobosan bisnis adalah dengan melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan pasar.
            Indonesia dengan 250 juta jiwa penduduk diyakini menjadi pasar yang sangat penting di kancah perdagangan global. Perusahaan-perusahaan dari luar berkompetisi agar produk mereka mendapat tempat di hati orang Indonesia. Di lain pihak, perusahaan dalam negeri pun memiliki produk yang tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan produk luar negeri.
            Karena persaingan yang sangat sengit akibat pengaruh perdagangan bebas, sudah sepatutnya sebuah perusahaan senantiasa berinovasi untuk tetap bertahan. Ada beberapa hal yang bisa mempercepat keberhasilan sebuah proses inovasi di sebuah perusahaan. Merujuk dari strategi para pemenang “The 2nd Outstanding Corporate Innovation Indonesia Award”, tersebutlah strategi untuk menumbuhsuburkan inovasi dalam perusahaan seperti di bawah ini.
            Tanamkan dan budayakan inovasi di perusahaan. Buatlah strategi bisnis yang mendasarkan pada inovasi. Contoh nyatanya adalah membuat “lembaga” inovasi di bawah naungan divisi khusus.
            Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu source inovasi yang paling berharga adalah karyawan. Coba sediakan sebuah kotak untuk menyalurkan ide-ide segar dengan tema-tema yang berbeda dari para karyawan tiap bulannya. Hasil inovasi dari para karyawan tersebut selanjutnya dibahas di dalam sebuah forum khusus dan dikurasi untuk dipilah-pilah menjadi idea generation.
            Malah kalau mau lebih ekstrem, untuk memastikan bahwa seluruh karyawan memiliki karakter inovatif, hilangkanlah divisi R&D. Dengan hilangnya divisi R&D, maka karyawan akan secara langsung turun ke pasar dan tidak kehilangan sentuhannya dengan konsumen sehingga ide-ide inovasi dapat lebih membumi. Seperti istilah Jepang, Genba, Genbatsu, dan Genjitsu yang memiliki arti datang, lihat, dan diskusi sebab untuk menghasilkan sebuah ide inovasi produk baru, tidak perlu hanya berkutat di dalam laboratorium.
            Sejatinya inovasi adalah sebuah proses yang terus-menerus berlangsung dan menjadi darah daging perusahaan. Ide-ide inovasi sebuah produk baru harus bisa dikomersialisasikan dan menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, inovasi harus mencapai standardisasi agar produk dapat diciptakan secara massal. Perlu diingat juga, inovasi berbicara mengenai proses operasi yang bermuara kepada efisiensi.
            Jadi, inovasi produk bukan hanya lingkup tim R&D, marketing, dan produksi, tetapi menjadi lingkup bersama dari seluruh bagian perusahaan. Sebab, inovasi produk tanpa dukungan penuh perusahaan hanyalah isapan jempol. Jika jiwa inovasi gagal ditularkan di dalam perusahaan, proses inovasi produk yang dilakukan juga tidak akan menuai kesuksesan.




Komentar

Postingan Populer