Bahasa Indonesia
Budayakan Inovasi dan Jadilah
Pemenang
Perusahaan tidak hanya hadir, tetapi harus berkembang menciptakan jenis usaha
baru, sistem pengelolaan baru, cara pelayanan baru, dan sumber daya baru. Dalam
bisnis, sesungguhnya diperlukan terobosan. Salah satu cara membuat terobosan
bisnis adalah dengan melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan pasar.
Indonesia dengan 250 juta jiwa penduduk diyakini menjadi pasar yang sangat
penting di kancah perdagangan global. Perusahaan-perusahaan dari luar
berkompetisi agar produk mereka mendapat tempat di hati orang Indonesia. Di
lain pihak, perusahaan dalam negeri pun memiliki produk yang tidak kalah
bagusnya jika dibandingkan dengan produk luar negeri.
Karena persaingan yang sangat sengit akibat pengaruh perdagangan bebas, sudah
sepatutnya sebuah perusahaan senantiasa berinovasi untuk tetap bertahan. Ada
beberapa hal yang bisa mempercepat keberhasilan sebuah proses inovasi di sebuah
perusahaan. Merujuk dari strategi para pemenang “The 2nd Outstanding Corporate
Innovation Indonesia Award”, tersebutlah strategi untuk menumbuhsuburkan
inovasi dalam perusahaan seperti di bawah ini.
Tanamkan dan budayakan inovasi di perusahaan. Buatlah strategi bisnis yang
mendasarkan pada inovasi. Contoh nyatanya adalah membuat “lembaga” inovasi di
bawah naungan divisi khusus.
Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu source inovasi yang paling berharga
adalah karyawan. Coba sediakan sebuah kotak untuk menyalurkan ide-ide segar dengan
tema-tema yang berbeda dari para karyawan tiap bulannya. Hasil inovasi dari
para karyawan tersebut selanjutnya dibahas di dalam sebuah forum khusus dan
dikurasi untuk dipilah-pilah menjadi idea generation.
Malah kalau mau lebih ekstrem, untuk memastikan bahwa seluruh karyawan memiliki
karakter inovatif, hilangkanlah divisi R&D. Dengan hilangnya divisi
R&D, maka karyawan akan secara langsung turun ke pasar dan tidak kehilangan
sentuhannya dengan konsumen sehingga ide-ide inovasi dapat lebih membumi.
Seperti istilah Jepang, Genba, Genbatsu, dan Genjitsu yang memiliki arti
datang, lihat, dan diskusi sebab untuk menghasilkan sebuah ide inovasi produk
baru, tidak perlu hanya berkutat di dalam laboratorium.
Sejatinya inovasi adalah sebuah proses yang terus-menerus berlangsung dan
menjadi darah daging perusahaan. Ide-ide inovasi sebuah produk baru harus bisa
dikomersialisasikan dan menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, inovasi
harus mencapai standardisasi agar produk dapat diciptakan secara massal. Perlu
diingat juga, inovasi berbicara mengenai proses operasi yang bermuara kepada
efisiensi.
Jadi, inovasi produk bukan hanya lingkup tim R&D, marketing, dan produksi,
tetapi menjadi lingkup bersama dari seluruh bagian perusahaan. Sebab, inovasi
produk tanpa dukungan penuh perusahaan hanyalah isapan jempol. Jika jiwa
inovasi gagal ditularkan di dalam perusahaan, proses inovasi produk yang
dilakukan juga tidak akan menuai kesuksesan.
Komentar
Posting Komentar